Universitas di Bandung yang Ada Jurusan Farmasi Terpopuler se-Jabar

30 Nov 2022  | 13622x | Ditulis oleh : Penulis
universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi

Selain jurusan kedokteran, farmasi menjadi jurusan yang juga terkenal. Beberapa universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi kerap menjadi pilihan anak SMA se-Jabar. Pasalnya universitas-universitas ini telah banyak meluluskan mahasiswa yang akhirnya menjadi sukses. 

Ditambah lagi universitas dan jurusannya beberapa ada yang sudah meraih akreditas A. Universitas yang memiliki akreditasi ini biasanya sudah memiliki fasilitas dan program pendidikan lengkap. Apa saja pilihannya, bisa disimak sampai akhir. 

Rekomendasi Universitas di Bandung yang Ada Jurusan Farmasi 

Apabila dilihat dari ilmunya, farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Jika saat ini nilai mata pelajaran kimia baik dan memiliki minat dalam bidang kesehatan, farmasi menjadi jurusan yang sudah sepantasnya untuk dipilih. 

Banyak yang menanyakan soal jurusan farmasi kerja apa, bisa dibilang profesinya pun tidak kalah bergengsi dengan dokter maupun perawat. Profesi sebagai apoteker di rumah sakit, puskesmas bahkan bisa membuka apotek sendiri akan memberikan peluang yang sangat besar. 

Maka dari itu jika berhasil kuliah di universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi dan populer tentu menjadi kelebihan tersendiri. Berikut ini beberapa daftar universitasnya. 

1. Universitas Padjadjaran 

Awalnya jurusan farmasi masih berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Unpad. Namun setelah tahun 2006, Unpad mendirikan Fakultas Farmasi yang memiliki tiga program studi. Baik itu untuk Sarjana, Megister dan juga Doktor.

Fakultas Farmasi di Universitas Padjajaran menjadi jurusan farmasi terbaik di Indonesia yang bahkan kualifikasinya sudah diakui oleh Jawatan Perkhidmatan Awam dari Malaysia. Fakultas ini telah meluluskan banyak profesi apoteker, sarjana farmasi, magister farmasi, magister farmasi klinik dan doktor farmasi. 

Semuanya sudah mendapatkan akreditasi A sedangkan untuk program doktor farmasi memiliki akreditasi B. Kelebihan dari kampus ini adalah memiliki pusat studi yang lengkap dengan pusat unggulan iptek. Sudah banyak jurnal yang diterbitkan oleh mahasiswa di jurusan ini dan terkenal. 

2. Universitas Islam Bandung 

Beralamat di Jalan Tamansari, Bandung yang lebih dikenal dengan sebutan Unisba ini memiliki Fakultas Mipa yang didirikan tahun 2016. Ilmu farmasi yang ada di fakultas ini memiliki lima disiplin ilmu yakni farmakokimia, farmakologi, farmasi bahan alam dan farmasetika. Tidak hanya program sarjana, tersedia pendidikan magister dan doktor. 

Menjadi salah satu universitas terfavorit se-Jabar karena pendidikan yang diberikan sangat menarik. Ilmu kesehatan di universitas ini tidak hanya terkenal dari jurusan farmasi tetapi juga fakultas kedokterannya. Biaya kuliah farmasi juga cukup terjangkau untuk semua kalangan. 

3. Institut Teknologi Bandung 

ITB sudah terkenal sebagai universitas yang memiliki akreditasi A. Tidak hanya sekolah teknik, tetapi juga ada jurusan farmasi yang cukup terkenal di sini. Sama seperti kampus sebelumnya, di sini tersedia program pendidikan Sarjana sampai dengan Doktor. 

Soal kualitas pengajaran universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi, ITB selalu menjadi yang terdepan. Bahkan untuk program studi farmasi ini juga sudah mendapatkan akreditas A. Jadi sudah tidak diragukan lagi soal kualitas pendidikannya bukan. 

4. Sekolah Tinggi Farmasi Bandung 

Selain kampus negeri, ada juga sekolah swasta yang telah berdiri sejak 4 Juni 1999 yakni Sekolah Tinggi Farmasi Bandung. Universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi ini berada di bawah Yayasan Adhi Guna Kencana yang terus berkembang sampai tahun ini. 

Telah berhasil meluluskan banyak alumni sukses dalam bidang farmasi. Visi dari kampus ini adalah untuk bisa menghasilkan Sarjana Farmasi dengan pengetahuan, keterampilan dan dedikasi tinggi untuk mengelola bidang farmasi. 

5. Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia 

Disingkat dan lebih dikenal dengan STFI, sudah jelas sekolah terbaik se-Indonesia ini juga terbaik se-Jabar. Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta, Bandung Kidul yang saat ini sudah memiliki akreditasi B. 

Jika tertarik mendaftar ke universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi ini bisa memilih empat jalur pendaftaran yang disediakan. Mulai dari jalur seleksi, akademik, prestasi dan juga jalur Tahfidz Alquran. Sudah berdiri sejak tahun 2001 dan berada di naungan Yayasan Hazanah. 

6. Politeknik Kesehatan Bandung 

Tidak kalah terkenal dari kelima universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi lainnya, Politeknik Kesehatan Bandung memiliki akreditasi B. Visinya adalah supaya bisa menjadikan perguruan tinggi kesehatan yang orientasinya pada keunggulan lulusan. 

Lokasinya ada di Jalan Pajajaran dan sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri. Artinya fasilitas yang disediakan kampus ini cukup mumpuni yang membuat mahasiswa bisa fokus dalam menimba ilmu. 

Hal yang membedakan adalah kampus ini mencetak lulusan D3 saja. Siapa saja yang sudah mendapatkan gelar apoteker sudah bisa bekerja di rumah sakit, puskesmas dan layanan kesehatan lainnya. 

Tips Supaya Berhasil Kuliah di Jurusan Farmasi 

Sama seperti mendaftar dokter dan keperawatan, untuk bisa kuliah di jurusan farmasi tidaklah mudah. Oleh karena itu calon mahasiswa harus berusaha dengan baik. Tips mudah berikut akan membantu agar cepat lolos pendaftaran masuk universitas. 

  1. Hasil tes kesehatan yang bagus antara lain tidak buta warna. 
  2. Memperluas wawasan di bidang farmasi seperti peraturan pemerintah, kesehatan supaya lolos dalam seleksi wawancara. 
  3. Persiapkan semua syarat administrasi sesuai dengan yang diumumkan oleh universitas.
  4. Pastikan sudah memiliki passing grade sesuai yang disyaratkan atau lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya. 

Semua universitas di Bandung yang ada jurusan farmasi memiliki syarat masuk dan passing grade berbeda. Lebih baik untuk teliti dalam membaca syarat dan persiapkan diri sebaik mungkin. Biasanya untuk kampus terbaik memiliki persaingan lebih ketat oleh karena itu sebaiknya pilih lebih dari satu universitas. 

Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Pendidikan Bahasa Inggris
Scroll Top