Simak Universitas di Bandung yang Masih buka Pendaftaran Tahun 2022-2023

24 Nov 2022  | 6706x | Ditulis oleh : Penulis
universitas di Bandung yang masih buka pendaftaran

Anda bingung mencari universitas yang masih buka pendaftaran? Tak perlu khawatir. Banyak universitas di Bandung yang masih buka pendaftaran, Anda bisa memilih universitas favorit atau sesuai ketentuan pendaftaran. 

Usahakan mencari lebih dari 5 kampus sebagai acuan mendaftar, dengan begitu Anda tidak kecewa saat tidak lolos seleksi di kampus pilihan. Banyak universitas Bandung swasta maupun negeri yang bisa dijadikan pilihan dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Daftar Universitas Bandung yang Masih Buka Pendaftaran 2022-2023

Universitas memang tersebar di berbagai daerah, tetapi kota Bandung menjadi salah satu kota dengan perguruan tinggi terbaik. Tak heran calon mahasiswanya dari berbagai penjuru, apalagi Anda bisa mendaftar dengan beasiswa jika berprestasi. Berikut ada daftar universitas yang bisa Anda pilih sebagai acuan, yaitu:

1. Telkom University

Telkom University adalah universitas swasta yang masih buka pendaftaran sampai sekarang di tahun 2022-2023. Universitas tersebut telah membuka jalur pendaftaran dengan prestasi Akademik atau JPK sejak 1 September 2021 lalu. Anda bisa memilih 5 fakultas yang disediakan kampus, tetapi peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 400.000.

Agar Anda lolos seleksi, harus memenuhi semua persyaratan yang diberikan. Berikut ada persyaratan mendaftar di Telkom University, yaitu:

Memiliki nilai rapor dari semester 1 sampai 5 minimal 70.

Peserta adalah lulusan tahun 2021-2022.

Peserta bebas dari beberapa jurusan. Yaitu jurusan IPS, IPA, SMK Non-teknik dan SMK Teknik. 

Menyelesaikan pembayaran pendaftaran. 

Untuk peserta program studi tertentu, tak boleh memiliki riwayat buta warna. Persyaratan tersebut berlaku jika Anda memilih studi D3 Teknologi Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Desain Komunikasi Visual (DKV), S1 Kriya atau Fashion and Textile Design, S1 Seni Rupa, S1 Desain Produk dan S1 Desain Interior. 

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Tahun 2022-2023, Universitas Pendidikan Indonesia atau UPi membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur. Yaitu, jalur SNMPTN, SBMPTN, SM UPI, SM-3T, PPG SM-3T, S1 kedua / dual mode. Berikut ada penjelasan jalur yang bisa dipahami, yaitu:

Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN termasuk pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik menggunakan nilai rapor serta portofolio akademik. Alhasil, hanya sekolah yang mendapat undangan yang bisa mendaftarkan peserta didik terbaiknya di UPI. Pastinya, pelajar yang memiliki kesempatan tersebut selalu menunjukkan prestasinya setiap semester. 

Jika Anda mencari PTN yang masih buka pendaftaran, UPI tepat dijadikan pilihan karena sarana dan prasarananya memadai. Untuk alur pendaftaran SNMPTN adalah registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan yang diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN yang dilakukan siswa. 

Jika Anda tak mampu mengikuti jalur SNMPTN, bisa mengambil jalur lain sesuai kemampuan. Yang terpenting adalah mempertahankan prestasi selama belajar di bangku SD, SMP sampai SMA agar mudah masuk perguruan tinggi. 

3. Institut Teknologi Bandung

Walaupun jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri SNMPTN dan seleksi SBMPTN sudah lewat, Institut Teknologi Bandung atau ITB masih membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan jalur seleksi mandiri ITB atau SM-ITB. 

Perlu diingat, jalur SM-ITB adalah jalur masuk universitas yang bisa diikuti seluruh siswa lulusan SMA WNI maupun WNA. Tetapi, dengan tahun ijazah 2020, 2021 atau 2022. Jalur tersebut hanya menggunakan kriteria kemampuan akademik dengan cara melihat 2 komponen penilaian, yaitu hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas atau sekolah selain FSRD. Ada juta tambahan hasil kemampuan seni rupa untuk pendafar ke FSRD. 

4. Universitas Padjadjaran

Universitas di Bandung yang masih buka pendaftaran selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran. Unpad masih membuka pendaftaran dengan jalur Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran atau SMUP. Jalur tersebut bisa diikuti semua WNI yang lulus pendidikan tingkat menengah tahun 2020, 2021 dan 2022. Tetapi, peserta tak harus terdaftar sebagai peserta SNMPTN maupun SBMPTN sebelumnya. 

Peserta jalur SMUP bisa memilih salah satu dari 2 skema pendaftaran bdak seleksi SMUP. Yaitu, menggunakan nilai UTBK 2022 atau memakai SMUP. Jika memilih skema nilai SMUP harus mengikuti ujian SMUP berupa ujian tes kemampuan belajar atau disebut RKB secara online. 

Tips Cermat Memilih Universitas yang Tepat

Setelah mengetahui daftar universitas yang masih membuka pendaftaran, Anda bisa menerapkan tips cermat memilih kampus. Dengan begitu, pembelajaran di perguruan tinggi berjalan sesuai harapan. Berikut ada tips yang bisa diterapkan:

  • Memilih beberapa universitas

Saat mencari universitas dengan studi D3 yang masih buka pendaftaran tak perlu risau karena bisa dilanjutkan studi S1 dan seterusnya. Tetapi, pastikan memilih beberapa universitas. Pilihlah universitas yang menjadi prioritas dan mana universitas yang menjadi cadangan jika Anda tak lolos seleksi di universitas prioritas

  • Mencari informasi lebih lengkap

Sebelum memilih universitas, Anda harus riset mana universitas terbaik yang menyediakan sarana dan prasarana lengkap. Anda bisa mencari referensi di internet maupun berbincang dengan orang seangkatan, hal tersebut memberikan Anda pemahaman universitas terbaik yang memberikan pembelajaran terbaik. 

  • Tujuan masa pendidikan

Sekalian tujuannya sama-sama menuntut ilmu, Anda harus mengetahui tujuan masa pendidikan Anda. Jika ingin menjadi seorang yang profesional, pilihlah universitas yang dominan menerapkan praktek dibanding teori. Anda tak perlu bingung mencari kampus tersebut, di Bandung banyak kampus yang pembelajarannya dominan praktek. 

Banyak universitas di Bandung yang masih buka pendaftaran, Anda bisa memilih salah satu kampus di atas untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Entah itu universitas swasta maupun negeri, Anda tak akan kecewa dengan sistem pembelajaran dan fasilitasnya karena universitas di Bandung sudah terjamin mutunya. 

Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top