Rekomendasi Universitas di Bandung

24 Nov 2022  | 392x | Ditulis oleh : Penulis
rekomendasi universitas di Bandung

Bandung merupakan salah satu dari sekian banyak kota besar di Indonesia yang banyak dipakai sebagai tujuan kuliah. Bagi Anda yang bingung dalam mencari kampus terbaik, simak yuk rekomendasi universitas di Bandung berikut ini.

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan utama masyarakat. Nah, lewat artikel di bawah ini selain rekomendasi kampus favorit, dapatkan juga info mengenai kisaran biaya untuk masuk ke universitas di Bandung.

Rekomendasi Universitas di Bandung dan Biayanya

Memiliki hawa yang sejuk dengan beragam keunikan lain mulai dari kuliner hingga sebagai tempat lahirnya banyak seniman, tak heran jika banyak orang yang memilih kuliah di Bandung. Simak yuk apa saja rekomendasi universitas di Bandung. 

1. Universitas Padjadjaran

Rekomendasi universitas di Bandung pertama ialah Universitas Padjadjaran atau yang populer dengan sebutan Unpad. Kampus ini berdiri pada tanggal 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung.

Pilihan fakultas yang terdapat di Unpad antara lain fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas kedokteran, fakultas MIPA, psikologi, peternakan, pertanian dan berbagai jurusan populer lainnya. Unpad juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang hobi serta minat dan bakat mahasiswa. 

Unpad meraih peringkat nomor 4 dalam ranking universitas di Indonesia berdasar Times Higher Educational yang rilis pada April 2022 lalu. Unpad juga telah meluluskan tokoh terkenal, salah satunya gubernur Jawa Barat saat ini yaitu Ridwan Kamil. 

2. Institut Teknologi Bandung

Universitas di Bandung yang bisa dipilih selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung. Di kampus ini telah lahir banyak tokoh terkenal mulai dari bapak proklamasi Indonesia, Ir. Soekarno hingga B.J. Habibie dan Ahmad Zacky. 

Beberapa pilihan fakultas yang ada di ITB antara lain Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan banyak lagi. ITB merupakan kampus yang cocok terutama bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu teknik. 

Biaya kuliah ITB menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) program sarjana sebesar Rp 0 hingga Rp 20.000.000 tiap semester. 

3. Telkom University

Rekomendasi universitas di Bandung berikut ini merupakan universitas swasta terbaik di Bandung dan telah terakreditasi Unggul. Selain itu program studinya juga telah terakreditasi A. 

Beberapa fakultas yang dapat Anda pilih antara lain Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif hingga Fakultas Ilmu Terapan. 

Telkom University dilengkapi dengan asrama dengan fasilitas lengkap serta membuka program beasiswa. 

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Rekomendasi universitas di Bandung yang bisa dipilih berikutnya ialah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kampus ini menduduki peringkat nomor tiga dalam ranking universitas di Indonesia versi THE AUR (Asia University Ranking) tahun 2022. Selain itu, UPI juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Di sini terdapat banyak fakultas yang dapat Anda pilih terutama bagi Anda yang ingin mengabdi sebagai pengajar profesional. 

5. Universitas Komputer Indonesia

Rekomendasi universitas di Bandung berikutnya ialah Universitas Komputer Indonesia atau UNIKOM. Kampus ini secara resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 2000.

Hingga tahun akademik 2015/2016 terdapat pilihan 6 Fakultas dan 23 Program Studi di UNIKOM. Hingga saat ini, UNIKOM telah menerima 90 lebih penghargaan internasional dan 200 lebih penghargaan nasional. 

Biaya kuliah di UNIKOM berbeda antara satu fakultas dengan fakultas lainnya dan dapat diangsur. 

 

Cara Hemat Ala Anak Kos untuk Menyiasati Biaya Hidup Saat Kuliah

Bagi mahasiswa yang berasal dari luar Bandung, tentu dituntut untuk bisa mandiri. Nah, begini cara hemat ala anak kos yang bisa Anda ikuti guna menyiasati biaya hidup mandiri selama kuliah di Bandung.

Pilih Lokasi Kos yang Dekat dengan Kampus

Lokasi tinggal sangat mempengaruhi besar kecilnya pengeluaran karena mempengaruhi uang transportasi. Mahasiswa sebaiknya memilih lokasi kos yang dekat dengan kampus agar bisa menghemat uang transport atau kampus yang dilengkapi dengan asrama. 

Jika kos di sekitar kampus, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan nge-kos bersama teman lain. 

Hemat Uang Makan

Selain tempat tinggal, uang makan adalah pengeluaran lain yang perlu Anda pertimbangkan. Menghemat uang makan tidak sama dengan sembarang makan asal murah.

Justru Anda harus memperhatikan nilai gizi agar tubuh tidak mudah sakit yang bisa berakibat pada membengkaknya pengeluaran. Pilih makanan yang bergizi namun tetap dengan harga terjangkau.

Sebagai contoh, daripada setiap hari mengkonsumsi daging sebagai sumber protein, Anda bisa mengkombinasikannya dengan sumber protein lain yang lebih terjangkau misalnya telur dan tahu atau tempe.

Anda bisa memasak nasi sendiri kemudian membeli lauk di warung makan terdekat. Biasanya di sekitar kampus sudah ada banyak penjual makanan yang dibanderol dengan harga terjangkau. 

Siasati Penggunaan Kuota

Hidup di jaman serba terhubung tentu menuntut setiap mahasiswa harus memiliki koneksi internet, baik untuk berkomunikasi dengan teman lain atau terkait tugas kampus. Agar biaya kuota tidak membengkak, Anda bisa menggunakan wifi kampus atau memilih tempat kos yang sudah dilengkapi dengan wifi gratis. 

Cari Pekerjaan Sampingan

Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk menyiasati biaya hidup yang kian tinggi ialah dengan menambah penghasilan. Bagi mahasiswa, cara ini bisa dilakukan di luar waktu kuliah. 

Anda bisa mulai dari apa yang ada di sekitar, misalnya ada banyak teman yang membutuhkan jasa print dokumen, maka Anda bisa memanfaatkan dengan menyediakan mesin printer yang bisa disewa. 

Melanjutkan pendidikan di salah satu rekomendasi universitas di Bandung memang membutuhkan banyak perjuangan. Selain mempersiapkan diri agar lolos seleksi, biaya kuliah dan cara menyiasati hidup sebagai mahasiswa sebaiknya perlu dipersiapkan, utamanya bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga sederhana. 

Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top